Rabu, 28 Oktober 2009

Pesawat yang lupa mendarat

Sulit dipercaya! Sebuah pesawat penumpang bisa lupa mendarat di tempat tujuan lantaran dua pilotnya terlalu asyik berdiskusi mengenai kebijakan maskapai penerbangan. Demikian diberitakan CNN, Kamis pekan lalu.

Pesawat dari maskapai Northwest Airlines ini, terbang dengan rute San Diego, California menuju Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat. Dua pilotnya baru sadar bahwa mereka telah melewati tempat tujuan, saat berada di atas Wisconsin-sekitar 150 mil (241,4 kilometer) dari Minneapolis. Pada saat itu, pesawat berada pada ketinggian 11 km, dengan kecepatan 240 km/jam.

Setelah itu, mereka segera memutar kembali arah pesawat. Dan setengah jam kemudian, para awak pesawat dan 144 penumpangnya berhasil mendarat dengan selamat di tempat tujuan.

***

Air Traffic Control (ATC) dan pihak penyelidik federal Amerika Serikat benar-benar tidak senang dengan kejadian ini. Disebutkan, menara pengontrol lalu lintas udara kesulitan menghubungi pesawat ini untuk menanyakan apa yang terjadi sehingga dua pilotnya melewati tempat tujuan. Ketika akhirnya bisa dihubungi pun, jawaban pilot sungguh samar-samar dan tidak responsif.

Petugas menara pengontrol yang khawatir terhadap adanya pembajakan pesawat, segera menghubungi pihak berwenang. Tak lama, sejumlah pesawat jet Garda Nasional sudah siap siaga di sekitar Wisconsin.

Dilaporkan juga, alat perekam suara di kokpit pilot tidak berfungsi, sehingga penyelidik federal AS tidak bisa membuktikan kebenaran cerita kedua pilot Northwest Airlines (bahwa mereka terlalu asyik berdiskusi sehingga melewati tempat tujuan).
Hingga sekarang, kasus unik ini masih diselidiki. Untuk memudahkan proses penyelidikan, kedua pilot terkait dinonaktifkan sementara.

Mau tahu, apa pendapat para ahli penerbangan dan pilot-pilot lainnya? Mereka tak percaya kedua pilot Northwest Airlines ini terlalu asyik mengobrol sehingga lupa mendarat. Menurut mereka, kemungkinan besar kedua pilot ini tertidur. Kejadian seperti ini pernah terjadi pada Januari 2008. Saat itu, dua pilot dari Go Airlines tertidur selama 18 menit saat menerbangkan pesawat dari Honolulu menuju Hilo, Hawaii. Pesawat tersebut melewati bandara yang dituju, sebelum akhirnya kantor pusat pengendali berhasil membangunkan dua pilot itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers