Rabu, 18 November 2009

Mentos VS Coca-Cola


Subject: MENTOS AND COKE… beware

A little boy died in Brazil after eating MENTOS and drinking Coca-Cola together.

One year before the same accident happened with another boy in Brazil ………….

Please check the experiment that has been done by mixing Coca-Cola (or Coca-Cola light are the same) with MENTOS…….. So be careful.

Setelah beberapa kali naik pespa keliling kota bersama mbah google, saya menemukan artikel di blog orang lain. Katanya ada anak di Brazil yang meninggal karena meminum coca cola. Namun saya rasa itu hanya hoax .Tidak ada orang yang meninggal karena mengkonsumsi coca-cola dan mentos bersamaan. Tetapi, setelah saya coba dirumah, ternyata memang benar campuran cola dan mentos menyebabkan semburan.

Jika Mentos dimasukkan ke dalam botol Coca Cola, maka akan terjadi semburan. Coca Cola (atau soda merk apapun) mengandung karbondioksida yang dimampatkan, dikurung oleh molekul-molekul air yang saling menarik. Dalam kondisi normal, karbondioksida akan sulit lepas ke udara, karena untuk memecah tegangan permukaan ini dibutuhkan energi. Pada saat dimasukkan ke dalam botol Coca Cola, permen Mentos meleleh dan memecahkan tegangan permukaan ini. Selain itu, permukaan Mentos terdiri dari banyak lubang-lubang kecil. Ini adalah tempat yang cocok untuk berkumpulnya molekul-molekul karbondioksida. Saat Mentos dimasukkan ke dalam botol Coca Cola akan terjadi banyak gelembung-gelembung karbondioksida. Ini terjadi sangat cepat, dan peningkatan tekanan yang tiba-tiba ini yang mendorong cairan ke luar botol.
Nah, silahkan anda coba sendiri kalau tak percaya. Namun, semburannya tak akan 100% setinggi 1 meter. kadang-kadang bisa 5 centimeter

2 komentar:

Anonim mengatakan...

akan kucoba hehehe :61

Heri Fauzan Suheri mengatakan...

gimana caramu memasukkan mentos kedalam botol tuh, Trus abis kamu memasukkan mentos tu, botolnya di tutup lagi dak? atau dibiarkan terbuka?

Posting Komentar

Followers